SELAMAT DATANG DI WEBLOG ANAK-ANAK KREATIF KELAS ICT SMPN 1 SELONG

 

 

Jumat, 22 Mei 2009

Kompetensi Profesional

. Jumat, 22 Mei 2009

Kompetensi Profesional guru adalah sejumlah kompetensi yang berhubungan dengan profesi yang menuntut berbagai keahlian di bidang pendidikan atau keguruan.
Kompetensi profesional merupakan kemampuan dasar guru dalam pengetahuan tentang belajar dan tingkah laku manusia, bidang studi yang dibinanya, sikap yang tepat tentang lingkungan PBM dan mempunyai keterampilan dalam teknik mengajar.
Ruang Lingkup
Beberapa komponen kompetensi profesional guru adalah sebagai berikut:

a. Penguasaan bahan pelajaran beserta konsep – konsep.
Ada dua hal dalam menguasai bahan:
i) Menguasai bahan bidang studi dan kurikulum sekolah
ii) Menguasai bahan pendalaman / aplikasi bidang studi.

b. Pengelolaan kelas
Jenis kemampuan yang perlu dimiliki guru adalah sebagai berikut:
i) Mengatur tata ruang kelas pengajaran
ii) Menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif

c. Pengelolaan dan penggunaan media serta sumber belajar
Ada 5 jenis kemampuan memahami media dan sumber belajar, menurut Cece Wijaya (1994) sebagai berikut:
i) Mengenal, memilih dan menggunakan media.
ii) Membuat alat – alat bantu pelajaran sederhana
iii) Menggunakan dan mengelola laboratorium dalam rangka proses belajar- mengajar
iv) Khusus untuk guru IPA, dapat mengembangkan laboratorium
v) Menggunakan perpustakaan dalam proses belajar – mengajar.

d. Penguasaan landasan – landasan kependidikan
Kemampuan menguasai penguasaan landasan – landasan kependidikan berkaitan dengan:
i) Mempelajari konsep dan masalah pendidikan dan pengajaran dengan sudut tinjauan sosiologis, filosofis, historis dan psikologis.
ii) Mengenal fungsi sekolah sebagai lembaga sosial yang secara potensial dapat memajukan masyarakat dalam arti luas serta pengaruh timbal balik antar sekolah dan masyarakat.
iii) Mengenal karakteristik peserta didik baik secara fisik maupun psikologis.

e. Memahami prinsip – prinsip pengelolan lembaga dan program pendidikan sekolah
Menurut Nawawi (1989), diharapkan guru membantu kepala sekolah dalam menghadapi berbagai kegiatan pendidikan lainnya yang digariskan dalam kurikulum, guru perlu memahami pula prinsip – prinsip dasar tentang organisasi dan pengelolaan sekolah, bimbingan dan ekstra kurikuler, perpustakaan sekolah, serta hal – hal yang terkait.

f. Meningkatkan kemampuan dan menjalankan misi profesional
Guru harus terus menerus mengembangkan dirinya agar wawasannya menjadi luas senhingga dapat mengikuti perubahan dan perkembangan profesinya yang didasari oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

g. Memiliki wawasan tentang penelitian pendidikan
Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru adalah sebagai berikut:
i) Mempelajari dasar – dasar pengguanaan metode ilmiah dalam peneltian pendidikan.
ii) Mempelajari teknik dan prosedur penelitian pendidikan terutama sebagai konsumen hasil – hasil penelitian pendidikan.
iii) Menafsirkan hasil – hasil penelitian untuk perbaikan pengajaran.

h. Mampu menyelenggarakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran
Penelitian sederhana yang dilakukan oleh guru itu mencakup pengamatan kelas pada waktu mengajar, mengidentifikasi faktor – faktor khusus yang mempengaruhi kelancaran proses belajar – mengajar dan mempengaruhi hasil belajar, menganalisis alat penilaian untuk mengembangkannya secara lebih efektif.

i. Mampu menyelenggarakan administrasi sekolah
Di samping kegiatan akademis, guru harus mampu menyelenggarakan administrasi sekolah, menurut Ary Gunawan (1989) guru diharapkan:
i) mengenal secara baik pengadministrasian sekolah,
ii) membantu dalam melaksanakan kegiatan administrasi sekolah,
iii) mengatasi kelangkaan sumber belajar bagi dirinya dan bagi sekolah, serta
iv) membimbing peserta didik merawat alat – alat pelajaran dan sumber belajar secara tepat.

j. Berani mengambil keputusan
Guru memiliki kemampuan mengambil keputusan pendidikan agar ia tidak terombang – ambing dalam ketidak pastian. Semua tindakannya akan memberikan dampak tersendiri bagi peserta didik sehingga, apabila guru tidak berani mengambil tindakan kependidikan, siswa akan menjadi korban kebimbangan.

k. Memahami kurikulum dan perkembangannya
Salah satu tugas guru adalah melaksanakan kurikulum dengan sebaik – baiknya, oleh karena itu, guru perlu memahami konsep – konsep dasar dan langkah – langkah pokok dalam pengembangan kurikulum.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

KOMENTAR

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by miscah.blogspot.com